Analisis Pemilihan Model Pembelajaran

Pemilihan suatu model pembelajaran sangat ditentukan oleh isi rumusan Kompetensi Dasar dan atau materi pembelajaran.Model pembelajaran tertentu hanya tepat digunakan untuk materi pembelajaran tertentu. Sebaliknya materi pembelajaran tertentu akan dapat berhasil maksimal jika menggunakan model pembelajaran tertentu pula. 

Rumusan KD yang mengarah pada pembentukan penguasaan konsep dan prinsip tentu sangat tepat menggunakan model pembelajaran Inquiryatau model pembelajaran Discovery Learning,karena kedua model pembelajaran tersebut membentuk kemampuan eksplanasi terhadap konsep phenomena alam dan sosial yang terjadi. Seorang pengajar pada saat akan memilih model pembelajaran perlu melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1.  Menganalisis rumusan pernyataan setiapKD;
2.  Memahami tujuan dari setiap model pembelajaran;
3.  Menentukan apakah rumusan KD cenderung pada pembentukan konsep/prinsip atau pada pembentukan hasil karya;
4.  Kompetensi Dasar(KD dari KI-3 dan KD dari KI-4) pada kelompok mata pelajaran Dasar Kejuruan (C1) dan kelompok mata pelajaran Dasar Keahlian (C2) yang cenderung pada penguasaan konsep/prinsip yang membentuk kemampuan eksplanasi sangat tepat menggunakan model pembelajaran Inquiry/Discovery Learningsebagai fondasi untuk mempelajari mata pelajaran kelompok Kompetensi Keahlian (C3).
5.  Kompetensi Dasar (KD dari KI-3 dan KD dari KI-4) pada kelompok mata pelajaran Kompetensi Keahlian (C3) yang cenderung membentuk kemampuan solusi-solusi teknologi dan rekayasa atau hasil karya, dapat menggunakan model belajar Problem Based Learning, Production Based Trainning, Project Based Learning dan Teaching Factory.

Berdasarkan rambu-rambu pemilihan model di atas dapat digunakan tabel pemilihan model belajar sebagaimana contoh di bawah ini.

Tabel 1
PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Simulasi dan Komunikasi Digital
Kelas: XI
No.
Kompetensi Dasar
Model Pembelajaran
Keterangan
1.
KD 3.2
Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan komunikasi daring (Online).
Model Pembelajaran
Discovery Learning
a.             KD 3.2
Menitikberatkan pada pembentukan pengetahuan konseptual dan prosedural.
b.             KD 4.2
Pernyataan pada taksonomi keterampilan kongkret pada gradasi membiasakan gerakan atau manipulasi.
KD 4.2
Melakukan pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring (Online).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Penyusunan Soal Pilihan Ganda (PG), Esai (Uraian), dan Praktik (Kinerja)

Tujuan, Prinsip, dan Tahapan/Sintaksis Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Silabus Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital SMK-MAK (Paket Keahlian Multimedia) Kelas 12