Analisis Pemilihan Model Pembelajaran
Pemilihan
suatu model pembelajaran sangat ditentukan oleh isi rumusan Kompetensi Dasar dan
atau materi pembelajaran.Model pembelajaran tertentu hanya tepat digunakan
untuk materi pembelajaran tertentu. Sebaliknya materi pembelajaran tertentu
akan dapat berhasil maksimal jika menggunakan model pembelajaran tertentu pula.
Rumusan KD yang mengarah pada pembentukan penguasaan
konsep dan prinsip tentu sangat tepat menggunakan model pembelajaran Inquiryatau model pembelajaran Discovery Learning,karena kedua model pembelajaran tersebut membentuk
kemampuan eksplanasi terhadap konsep phenomena alam dan sosial yang terjadi.
Seorang pengajar pada saat akan memilih model pembelajaran perlu melakukan dan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Menganalisis rumusan pernyataan setiapKD;
2. Memahami tujuan dari setiap model pembelajaran;
3. Menentukan apakah rumusan KD cenderung pada pembentukan
konsep/prinsip atau pada pembentukan hasil karya;
4. Kompetensi Dasar(KD dari KI-3 dan KD dari KI-4) pada kelompok mata pelajaran Dasar
Kejuruan (C1) dan kelompok mata pelajaran Dasar Keahlian (C2) yang cenderung pada
penguasaan konsep/prinsip yang membentuk kemampuan eksplanasi sangat tepat
menggunakan model pembelajaran Inquiry/Discovery Learningsebagai fondasi untuk mempelajari mata pelajaran kelompok Kompetensi Keahlian (C3).
5. Kompetensi Dasar (KD dari KI-3 dan KD dari KI-4) pada kelompok mata pelajaran Kompetensi
Keahlian (C3) yang cenderung membentuk kemampuan solusi-solusi teknologi dan
rekayasa atau hasil karya, dapat menggunakan model belajar Problem Based Learning, Production Based Trainning, Project Based Learning dan Teaching Factory.
Berdasarkan rambu-rambu pemilihan model di atas dapat
digunakan tabel pemilihan model belajar sebagaimana contoh di bawah ini.
Tabel 1
PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Simulasi dan Komunikasi Digital
Kelas: XI
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Model Pembelajaran
|
Keterangan
|
1.
|
KD 3.2
Menerapkan pengetahuan pengelolaan
informasi digital melalui pemanfaatan komunikasi daring (Online).
|
Model Pembelajaran
Discovery Learning
|
a.
KD 3.2
Menitikberatkan pada pembentukan
pengetahuan konseptual dan
prosedural.
b.
KD 4.2
Pernyataan pada taksonomi keterampilan kongkret pada
gradasi membiasakan gerakan atau manipulasi.
|
KD 4.2
Melakukan pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring (Online).
|
Komentar
Posting Komentar