Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing
1.
Pengantar
Proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada pendekatan dan model yang sesuai dengan standar proses dan penilaian serta serta rancangan implementasi yang dikembangkannya. Untuk memenuhi hal tersebut guru harus berlatih mulai dari perencanaan pembelajaran sampai pelaksanaannya. Pada pelatihan ini dirancangkan materi Praktik Pembelajaran Terbimbing dengan tujuan agar peserta latih dapat berlatih menyajikan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun dalam RPP melalui praktik pelaksanaan pembelajaran sebaya (peer-teaching).
Sedangkan pada pelaksanaan
pelatihan implementasi kurikulum 2013 SMK di tingkat Kabupaten/Kota dan di tingkat SMK Sasaran, praktik pelaksanaan pembelajaran terbimbing ini hendaknya dilakukan dalam
bentuk pembelajaran nyata (real teaching) dengan peserta didik yang sungguh-sungguh sesuai materi
yang disajikan, minimal dalam bentuk micro
teaching.
2. Kompetensi yang Ingin Dicapai
Melalui aktivitas
praktik pelaksanaan pembelajaran terbimbing peserta latih daiharapkan mampu:
a. Mengkritisi pelaksanaan pembelajaran yang dapat membangun kompetensi, menerapkan pendekatan saintifik, dan model pembelajaran
serta penilaian autentik.
b. Memraktikkan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran yang
dikembangkan, menerapkan pendekatan saintifik dan penilaian
otetik.
3. Indikator
a. Melaksanakan pembelajaran kompetensi, menerapkan pendekatan saintifik
dan model belajar serta penilaian otentik menggunakan RPP yang telah disusun.
b. Menilai pelaksanaan pembelajaran peserta lain.
4.
Langkah Kegiatan
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing dilaksankan
dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Diskusi tentang instrumen penilaian pelaksanaan
pembelajaran.
|
Mempersiapkan pelaksanaan praktik pelaksanaan
pembelajaran.
|
Memraktikkan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah
disusun.
|
Melakukan refleksi terhadap pelaksanaan.
|
a.
Prinsip Pelaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran dilaksanakan
berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah. Pelaksanaan pembelajaran
merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan
penutup.
b.
Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan,
guru
1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran;
2) memberi motivasi belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan
sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan
internasional;
3) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
4) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai; dan
5) menyampaikan cakupanmateri dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
c.
Kegiatan
Inti
Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik
dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu
dan/atau saintifikdan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan
masalah (project based learning) disesuaikan
dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.
1) Sikap
Sesuai dengan karakteristik
sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah proses afeksi mulai dari menerima,
menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. Seluruh aktivitas pembelajaran
berorientasi pada tahapan kompetensi yang mendorong siswa untuk melakukan aktivitas
tersebut.
2) Pengetahuan
Pengetahuan dimiliki melalui
aktivitas mengetahui, memahami, menerapkan,menganalisis,
mengevaluasi, hingga mencipta.
Karakteristik
aktivititas
belajar dalam domain
pengetahuan ini
memiliki perbedaan dan
kesamaan dengan aktivitas
belajardalam domain keterampilan. Untuk
memperkuat pendekatan
saintifik, tematik terpadu, dan
tematik
sangat
disarankan untuk menerapkan
belajar berbasis penyingkapan/penelitian
(discovery/inquiry
learning). Untuk mendorong peserta
didik menghasilkan
karya
kreatif dan kontekstual, baik
individual maupun kelompok, disarankan menggunakan pendekatan
pembelajaran yang
menghasilkan
karya
berbasis pemecahan masalah
(problem based learning, project
based learning).
3) Keterampilan
Keterampilan diperoleh
melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Seluruh
isi materi (topik dan sub-topik) mata pelajaran yang diturunkan dari keterampilan
harus mendorong peserta didik untuk melakukan proses pengamatan hingga penciptaan.
Untuk mewujudkan keterampilan tersebut perlu melakukan pembelajaran yang
menerapkan modus belajar berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning)
dan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problem based learning, project based
learning).
d.
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
1) seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh
untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3) melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik
tugas individual maupun kelompok; dan
4) menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang diuraikan diatas merupakan prinsip secara
umum, berlaku untuk semua mata pelajaran.
a. Kompetensi
Mampu melaksanakan pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan saintifik
1) Melalui kegiatan praktik
pelaksanaan pembelajaran terbimbing, peserta pelatihan
mampu melaksanakan pembelajaran
dengan
pendekatan saintifik
dan model pembelajaran
yang
sesuai; dan
2) Melalui kegiatan praktik
pelaksanan pembelajaran terbimbing, peserta pelatihan
mampu
menilai
pelaksanaan pembelajaran
dengan
pendekatan saintifik dan
model pembelajaran
yang
sesuai.
1) Anda perlu menyiapkan format
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing dalam bentuk
cetak
(hard
copy) atau file (softcopy) sebanyak
tampilan praktik
pembelajaran terbimbing;
2) Bila format
yang
akan digunakan berbentuk
cetak, penyiapan format
dikoordinasikan
dengan
Narasumber/Fasilitator/Panitia; dan
3) Format
Penialain Pelaksanaan
Pembelajaran
yang
telah diisi dikumpulkan
kepada Narasumber/Fasilitator.
1) Pelajari format
Penilaian Pelaksanaan
Pembelajaran. Cermati maksud dari
setiap aspek
dalam
format;
2) Pelajari RPP yang akan ditampilkan oleh guru
model;
3) Amatilah secara seksama proses pelakasanaan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru model;
4) Berikan tanda centang (√) pada kolom pilihan Ya
atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran; dan
5) Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau
saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran.
6) Berikan nilai menggunakan rumus yang tersedia
Nama Peserta : .........................................
Asal Sekolah :
..........................................
Mata
Pelajaran :
..........................................
Kelas : ..........................................
Topik/Subtopik :
..........................................
No
|
Aspek yang diamati: Pelaksanaan Pembelajaran
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan/Deskripsi
|
A.
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|||
1.
|
Orientasi
|
|||
1.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi
salam.
|
||||
2.
Menyampaikan rencana kegiatan baik, individual, kerja kelompok, dan
melakukan observasi.
|
||||
2.
|
Motivasi
|
|||
1.
Mengajukan pertanyaan yang menantang untuk memotivasi.
|
||||
2.
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
|
||||
3.
|
Apersepsi
|
|||
1.
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik
|
||||
2.
Mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya
|
||||
3.
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
|
||||
B.
|
Kegiatan
Inti
|
|||
1.
|
Penguasaan materi
pembelajaran
|
|||
1.
Menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
||||
2.
Mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan iptek , dan kehidupan nyata
|
||||
3.
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
|
||||
4.
Menyajikan materi secara sistematis (mudah kesulit, dari konkrit ke
abstrak)
|
||||
2.
|
Penerapan strategi pembelajaran yang
mendidik
|
|||
1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
||||
2.
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta
didik dalam mengajukan pertanyaan
|
||||
3.
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta
didik dalam mengemukakan pendapat
|
||||
4.
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik
sesuai dengan materi ajar
|
||||
5.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
||||
6.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan
sikap positif (nurturant effect)
|
||||
7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
||||
3.
|
Pelaksanaan
pembelajaran secara runtut sesuai sintak model pendekatan saintifik
|
|||
1.
Memfasilitasi kegiatan peserta didik untuk mengamati (untuk
mengidentifikasi masalah).
|
||||
2.
Memfasilitasi peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana,
(untuk merumuskan masalah, menentukan hipotesis)
|
||||
3.
Menfasilitasi kegiatan peserta didik untuk mengumpulkan informasi,
(eksperimen untuk menguji/membuktikan hipotesis)
|
||||
4.
Memfasilitasi kegiatan peserta didik untuk mengasosiasikan data dan
informasi yang dikumpulkan, (untuk menganalisis pembuktikan hipotesis)
|
||||
5.
Menfasilitasi kegiatan peserta didik untuk mengkomunikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya, (untuk memformulasi kan dan
mempertanggung jawabkan pembuktian hipotesis)
|
||||
4.
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media
pembelajaran
|
|||
1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar yang bervariasi.
|
||||
2.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
|
||||
3.
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar
|
||||
4.
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
||||
5.
Menghasilkan pesan yang menarik
|
||||
5.
|
Pengelolaan kelas
dan pelibatan peaerta didik
|
|||
1.
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru,
peserta didik. sumber belajar.
|
||||
2.
Merespon positif dengan sikap terbuka terhadap partisipasi peserta
didik
|
||||
3.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
||||
4.
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
||||
6.
|
Penggunaan
Bahasa yang benar dan
tepat dalam pembelajaran
|
|||
1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
||||
2.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
||||
C.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
1.
|
Proses rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
|
|||
1.
Memfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran.
|
||||
2.
Memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan
materi pelajaran
|
||||
3.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas perbaikan atau pengayaan secara individu atau kelompok
|
||||
2.
|
PelaksanaanPenilaian
Hasil Belajar
|
|||
1.
Melaksanakan Penilaian Sikap melalui observasi
|
||||
2.
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan melalui tes lisan, tulisan
|
||||
3.
Melaksanakan Penilaian Keterampilan melalui penyajian, praktik,
laporan, portofolio
|
Masukkan terhadap
Proses Pembelajaran secara umum:
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran Terbimbing ini digunakan oleh pengamat untuk menilai kompetensi guru dalam melaksanakan
pembelajaran pada melaksanakan
praktik pembelajaran.
Langkah Kegiatan:
1) Berikan tanda cek (√) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian
Anda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran;
2) Berikan catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran;
3) Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA danTIDAK, dan
4) Tentukan Nilai menggunakan rumus sebagai berikut:
NILAI
|
PERINGKAT
|
90<AB≤100
|
Amat Baik (AB)
|
80<B≤90
|
Baik (B)
|
70<C≤80
|
Cukup (C)
|
≤70
|
Kurang (K)
|
Komentar
Posting Komentar