Praktik Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar
A.
Konsep
1. Pengolahan hasil belajar adalah suatu cara menghitung perolehan nilai siswa untuk menentukan tingkat pencapaian akhir kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap setiap mata pelajaran. Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses
pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam ranah sikap spiritual dan sikap sosial, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan
setelah proses pembelajaran.
2. Pelaporan hasil belajar adalah bentuk laporan hasil pengolahan nilai proses
dan hasil belajar siswa pada kurun waktu tertentu yang dilakukan oleh pendidik,
yang selanjutnya digunakan oleh satuan pendidikan untuk mengisi rapor.
3. Rapor adalah laporan capaian hasil belajar siswa dalam bentuk angka dan
deskripsi.
B. Deskripsi
1. Pengolahan dan Pelaporan Hasil Penilaian
a. Nilai Sikap
1)
Hasil penilaian sikap dalam
bentuk deskripsi.
2)
Predikat untuk sikap
spiritual dan sikap sosial dinyatakan dengan A= sangat baik, B= baik, C= cukup,
dan D= kurang.
3)
Deskripsi sikap terdiri atas
keberhasilan dan/atau ketercapaian sikap yang diinginkan dan sikap yang belum
tercapai yang memerlukan pembinaan dan pembimbingan. Deskripsi dalam bentuk
kalimat positif, memotivasi dan bahan refleksi.
Contoh
Sikap spiritual
Selalubersyukurdanberdoasebelummelakukankegiatanserta
memiliki sikap toleran pada agama yang berbeda; ketaatan
beribadah mulai berkembang.
Contoh Sikap
sosial
Memiliki
sikap santun, disiplin, dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian mulai meningkat.
Contoh sikap sosial dari
guru penilai
Sangat baik: Selalu
bersikap santun, peduli dan percaya diri.
Perlu bimbingan: Perlu
meningkatkan sikap jujur, disiplin dan tanggung jawab.
Berdasarkan nilai sikap yang dilakukan guru PPKn, guru Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti,guru BKdan wali kelas yang didasarkan masukan guru Mapel
selanjutnyadilakukan rekapitulasi penilaian sikap oleh wali kelas dengan contoh
format seperti berikut.
TABEL 1. PENGOLAHAN NILAI SIKAP
No.
|
Nama Siswa
|
Penilaian guru Agama
|
Guru PPKn
|
Guru BK
|
Wali Kelas (Hasil masukan dari guru mapel
selain Agama,PPKn,dan BK)
|
Deskripsi Nilai sikap (attitude)
|
||||||||||||
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
|||||||||||
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
Sangat Baik
|
Perlu Bimbingan
|
|||
1
|
Agus
|
Berdoa. toleran
|
Taat beribadah
|
Santun, peduli, percaya diri
|
Jujur, disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa. toleran
|
Taat beribadah
|
Santun, peduli, percaya diri
|
Jujur, disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa. toleran
|
Taat beribadah
|
Santun, peduli, percaya diri
|
Jujur, disiplin, tanggung jawab
|
Berdoa. toleran
|
Taat beribadah
|
Santun, peduli, percaya diri
|
Jujur, disiplin, tanggung jawab
|
|
2.
|
Edi
|
|||||||||||||||||
b. Nilai Pengetahuan
1)
Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil
penilaian harian selama satu semester, penilaian tengah semester dan penilaian
akhir semester
2)
Nilai akhir pencapaian pengetahuan dari
penilaianharian, penilaiantengah semester danpenilaianakhir semester
dapatdilakukandenganpembobotanataudirata-rata.Pembobotannilaiharian, nilai
tengah semester dan nilai akhir semester diserahkankepada sekolah.
Tabel 2.Contoh
Pengolahan Nilai Pengetahuan.
Penjelasan Tabel 2.
·
Nilai akhir per KD diperoleh dari nilai
penugasan, penugasan harian dengan bobot masing-masing 1 : 3.
·
Nilai harian adalah nilai rata-rata dari
nilai per KD.
·
Nilai akhir dari seluruh KD pengetahuan
diperoleh darinilai harian, nilai UTS dan nilai UAS dengan bobot masing-masing
4 : 2 : 2.
·
Nilai akhir pada rapor adalah
(72,82x4) + (72x2) + (80x2) = 74,1
8
3)
Nilaiakhirpengetahuanpadaraporditulisdalambentukangkaskala
0 – 100 danpredikat,dilengkapidengandeskripsisingkatkompetensi yang menonjol/tertinggidanterendahberdasarkanpencapaian
KD selamasatu semester.
Contoh Deskripsi
q Sangatmenonjolpadapemahamanteknologi
web server, perlupeningkatanpemahananpadastrukturpengendali program.
c. Nilai Keterampilan
1)
Hasil penilaianpada setiap KD keterampilanadalah
nilai optimal jika penilaian dilakukan dengan teknik yang sama dan objek KD
yang sama.
2)
Penilaian per KD yang
dilakukandenganduateknikpenilaian yang
berbedamisalnyaproyekdanprodukataupraktikdanproduk, makanilai KD
tersebutdapatdirata-rata ataudapatjugadilakukanpembobotan.
3)
Nilai akhir keterampilan pada setiap mata
pelajaran adalah rerata dari semua nilai KD keterampilan atauKD dari KI-4 dalam
satu semester.
Tabel 3.
Pengolahan Nilai Keterampilan.
KD
|
Praktik
|
Produk
|
Proyek
|
Portofolio
|
Nilai
Akhir
(Pembulatan)
|
||||
4.1
|
87
|
87
|
|||||||
4.2
|
66
|
75
|
75
|
||||||
4.3
|
92
|
92
|
|||||||
4.4
|
75
|
82
|
79
|
||||||
Rerata
|
83
|
||||||||
Tabel
4.PengolahanNilaiKeterampilan.
Penjelasan
Tabel 4.
·
Nilai per KD keterampilandiambildarinilai
proses, produkdanproyekdenganbobotnilai1 : 1 : 2.Untuk KD yang hanya
menggunakan 2 teknik penilaian maka nilai per KDdisesuaikan dengan teknik dan
bobot penilaian yang digunakan. Pembobotan diserahkan ke satuan
pendidikan.
·
Nilai akhir keterampilan untuk seluruh KD
merupakannilairerata.
4)
Nilaiakhir keterampilan pada rapor ditulis dalam bentuk angkaskala
0 – 100 danpredikat,dilengkapidengandeskripsisingkatkompetensi yang
menonjol/tertinggidanterendahberdasarkanpencapaian KD selamasatu semester.
Contoh
Deskripsi
q Sangatmenonjolpadaketerampilanmengolah
data melaluipustakastandar,perlupeningkatanketerampilanmenyajikanaplikasiinteraktifpada
web server dan mengolah data pada file.
d. Penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Penilaian PKL
diberikan oleh dunia usaha/industri tempat siswa praktik.Hasil penilaian PKL
dimasukkan dalam rapor berbentuk deskripsi, yang mencantumkankinerja siswa
secara keseluruhan yang disampaikan melalui jurnal PKLmaupun
sertifikat atau surat keterangan PKL dari industri.
e. Nilai Remedial dan Pengayaan
Pengolahan
penilaian hasil pembelajaran remedial dan pengayaandilakukan sebagai berikut:
1)
Nilai akhir setelah remedial untuk ranah
pengetahuan dihitung dengan mengganti nilai indikator yang belum tuntas dengan
nilai hasil remedial, selanjutnya diolah dengan rerata nilai seluruh KD.
2)
Nilai akhir setelah remedial untuk ranah
keterampilan diambil dari nilai optimum.
3)
Penilaian hasil belajar pengayaan berbentuk
portofolio.
2. Kenaikan Kelas
Kriteria kenaikan
kelas adalah sebagai berikut:
a.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester;
b.
Deskripsi sikap minimal BAIK;
c.
Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler pendidikan
kepramukaan minimal BAIK;
d.
Tidakmemiliki3 (tiga)matapelajaranyang belum mencapai KKM yang bukan berasal dari C2 dan C3
e.
Seluruh mata pelajaran C2 dan C3 mencapai KKM.
Apabilaadakompetensi dalam matapelajarantertentu di
kelompok A, B dan Cyangtidakmencapai KKM pada semester ganjildan/atau
semester genap, maka guru harus melakukan remedial secukupnya. Nilaiakhirdiambildarireratasemesterganjil dan genap mata pelajarantersebut.
Tabel 5a. Contoh 1. Rapor siswa yang tidak naik kelas
Mata Pelajaran
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|||||||||||||||||
KI-3
|
KI-4
|
KI-3
|
KI-4
|
||||||||||||||||
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
||||||||||||
Kelompok
A (Umum)
|
|||||||||||||||||||
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
80
|
|||||||||||
PPKn
|
60
|
55
|
60
|
60
|
60
|
65
|
60
|
65
|
|||||||||||
Bahasa
Indonesia
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
70
|
|||||||||||
Sejarah
Indonesia
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Bahasa
Inggris
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kelompok
B (Umum)
|
|||||||||||||||||||
Seni
Budaya
|
60
|
80
|
60
|
65
|
60
|
60
|
60
|
55
|
|||||||||||
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kewirausahaan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|||||||||||
Kelompok
C (Peminatan)
|
|||||||||||||||||||
C1.
Dasar Bidang Keahlian
|
|||||||||||||||||||
Pemrograman
|
60
|
55
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
85
|
|||||||||||
C3.
Paket Keahlian
|
|||||||||||||||||||
Tabel 5b.Contoh2. Raporsiswa yang TidakNaikKelas.
Mata Pelajaran
|
Semester 1
|
Semester 2
|
|||||||
KI-3
|
KI-4
|
KI-3
|
KI-4
|
||||||
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
KKM
|
Angka
|
||
Kelompok
A (Umum)
|
|||||||||
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
80
|
|
PPKn
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Bahasa Indonesia
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Matematika
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Sejarah
Indonesia
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Bahasa
Inggris
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Kelompok
B (Umum)
|
|||||||||
Seni
Budaya
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
75
|
60
|
75
|
|
Kewirausahaan
|
60
|
65
|
60
|
75
|
60
|
65
|
60
|
75
|
|
Kelompok
C (Peminatan)
|
|||||||||
|
|||||||||
C 2.
Dasar Program Keahlian
|
|||||||||
.......................
|
60
|
55
|
60
|
65
|
60
|
65
|
60
|
85
|
|
|
|||||||||
Pada Tabel 5aterlihatada 3 mata pelajaran yang belum tuntas ataukompetenyaitu:
1) PPKn:perolehannilaiakhirsemester 1 KI-3 sebesar 55 dan KI-4 sebesar 60, karena aspek
pengetahuan belum tuntas maka mata pelajaran PPKn pada semester 1 dinyatakan
belum tuntas.
2) Seni Budaya: perolehannilaiakhirsemester
2KI-4 sebesar55 dan KI-3 sebesar 60, karena aspek keterampilan belum
tuntas maka mata pelajaran Seni Budaya pada semester 2 dinyatakan belum tuntas.
3) Pemrograman:
perolehannilaiakhir semester 1KI-3
sebesar 55dan
KI-4 sebesar 60, karena aspek
pengetahuan belum tuntas maka mata pelajaran Pemrograman pada semester 1
dinyatakan belum tuntas.
Hal ini menggambarkan bahwa ada 3 mata
pelajaran baik di semester 1 dan 2 yang belum tuntas dikelompok A (Umum) dan
/atau B (Umum).
4) Sedangkan dalam tabel 5b terlihat
perolehan nilai akhir semester 1 KI-3 salah satu mata pelajaran Dasar Program
Keahlian sebesar 55 dan KI-4 sebesar 65.
Karena aspek pengetahuan belum tuntas, maka salah satu mata pelajaran Dasar
Program Keahlian tersebut pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
f.
Satuanpendidikandapatmenambahkankriterialainsesuaidengan
kebutuhan masing-masing.
C.
Latihan
1. Lakukanlah pengolahan nilai untuk ranah sikap, pengetahuan dan
keterampilan dari mata pelajaran yang diampu menggunakan format
penilaian sesuai contoh.
2. Jika Saudara sebagai wali kelas, lakukan pelaporan penilaian hasil belajar
dari kelas yang menjadi tanggung jawab Saudara untuk menentukan kenaikan kelas
siswa (menggunakan format5).
Komentar
Posting Komentar