Praktik Pengolahan dan Pelaporan Hasil Belajar


A.    Konsep

1.     Pengolahan hasil belajar adalah suatu cara menghitung perolehan nilai siswa untuk menentukan tingkat pencapaian akhir kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap setiap mata pelajaran. Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam ranah sikap spiritual dan sikap sosial, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan setelah proses pembelajaran.
2.     Pelaporan hasil belajar adalah bentuk laporan hasil pengolahan nilai proses dan hasil belajar siswa pada kurun waktu tertentu yang dilakukan oleh pendidik, yang selanjutnya digunakan oleh satuan pendidikan untuk mengisi rapor.
3.     Rapor adalah laporan capaian hasil belajar siswa dalam bentuk angka dan deskripsi.

B.    Deskripsi

1.     Pengolahan dan Pelaporan Hasil Penilaian
a.     Nilai Sikap
1)      Hasil penilaian sikap dalam bentuk deskripsi.
2)      Predikat untuk sikap spiritual dan sikap sosial dinyatakan dengan A= sangat baik, B= baik, C= cukup, dan D= kurang.
3)      Deskripsi sikap terdiri atas keberhasilan dan/atau ketercapaian sikap yang diinginkan dan sikap yang belum tercapai yang memerlukan pembinaan dan pembimbingan. Deskripsi dalam bentuk kalimat positif, memotivasi dan bahan refleksi.
Contoh Sikap spiritual
Selalubersyukurdanberdoasebelummelakukankegiatanserta memiliki sikap toleran pada agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang.
Contoh Sikap sosial
Memiliki sikap santun, disiplin, dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian mulai meningkat.
Contoh sikap sosial dari guru penilai
Sangat baik:       Selalu bersikap santun, peduli dan percaya diri.
Perlu bimbingan: Perlu meningkatkan sikap jujur, disiplin dan tanggung jawab.
Berdasarkan nilai sikap yang dilakukan guru PPKn, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti,guru BKdan wali kelas yang didasarkan masukan guru Mapel selanjutnyadilakukan rekapitulasi penilaian sikap oleh wali kelas dengan contoh format seperti berikut.


TABEL 1. PENGOLAHAN NILAI SIKAP

No.
Nama Siswa
Penilaian guru Agama
Guru PPKn
Guru BK
Wali Kelas (Hasil masukan dari guru mapel selain Agama,PPKn,dan BK)
Deskripsi Nilai sikap (attitude)
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan
Sangat Baik
Perlu Bimbingan

1
Agus
Berdoa. toleran
Taat beribadah
Santun, peduli, percaya diri
Jujur, disiplin, tanggung jawab
Berdoa. toleran
Taat beribadah
Santun, peduli, percaya diri
Jujur, disiplin, tanggung jawab
Berdoa. toleran
Taat beribadah
Santun, peduli, percaya diri
Jujur, disiplin, tanggung jawab
Berdoa. toleran
Taat beribadah
Santun, peduli, percaya diri
Jujur, disiplin, tanggung jawab

2.
Edi





















b.    Nilai Pengetahuan
1)     Nilai pengetahuan diperoleh dari hasil penilaian harian selama satu semester, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester
2)     Nilai akhir pencapaian pengetahuan dari penilaianharian, penilaiantengah semester danpenilaianakhir semester dapatdilakukandenganpembobotanataudirata-rata.Pembobotannilaiharian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester diserahkankepada sekolah.
Tabel 2.Contoh Pengolahan Nilai Pengetahuan.
Penjelasan Tabel 2.
·           Nilai akhir per KD diperoleh dari nilai penugasan, penugasan harian dengan bobot masing-masing 1 : 3.
·           Nilai harian adalah nilai rata-rata dari nilai per KD.
·           Nilai akhir dari seluruh KD pengetahuan diperoleh darinilai harian, nilai UTS dan nilai UAS dengan bobot masing-masing 4 : 2 : 2.
·           Nilai akhir pada rapor adalah
(72,82x4) + (72x2) + (80x2) = 74,1
8

3)     Nilaiakhirpengetahuanpadaraporditulisdalambentukangkaskala 0 – 100 danpredikat,dilengkapidengandeskripsisingkatkompetensi yang menonjol/tertinggidanterendahberdasarkanpencapaian KD selamasatu semester.
Contoh Deskripsi
q  Sangatmenonjolpadapemahamanteknologi web server, perlupeningkatanpemahananpadastrukturpengendali program.

c.     Nilai Keterampilan

1)     Hasil penilaianpada setiap KD keterampilanadalah nilai optimal jika penilaian dilakukan dengan teknik yang sama dan objek KD yang sama.
2)     Penilaian per KD yang dilakukandenganduateknikpenilaian yang berbedamisalnyaproyekdanprodukataupraktikdanproduk, makanilai KD tersebutdapatdirata-rata ataudapatjugadilakukanpembobotan.
3)     Nilai akhir keterampilan pada setiap mata pelajaran adalah rerata dari semua nilai KD keterampilan atauKD dari KI-4 dalam satu semester.

Tabel 3. Pengolahan Nilai Keterampilan.
KD
Praktik
Produk
Proyek
Portofolio
Nilai Akhir
(Pembulatan)
4.1
87







87
4.2
66
75






75
4.3




92



92
4.4


75

82



79

Rerata
83

Tabel 4.PengolahanNilaiKeterampilan.

Penjelasan Tabel 4.
·         Nilai per KD keterampilandiambildarinilai proses, produkdanproyekdenganbobotnilai1 : 1 : 2.Untuk KD yang hanya menggunakan 2 teknik penilaian maka nilai per KDdisesuaikan dengan teknik dan bobot penilaian yang digunakan. Pembobotan diserahkan ke satuan pendidikan.
·         Nilai akhir keterampilan untuk seluruh KD merupakannilairerata.
4)     Nilaiakhir keterampilan pada rapor ditulis dalam bentuk angkaskala 0 – 100 danpredikat,dilengkapidengandeskripsisingkatkompetensi yang menonjol/tertinggidanterendahberdasarkanpencapaian KD selamasatu semester.
Contoh Deskripsi
q  Sangatmenonjolpadaketerampilanmengolah data melaluipustakastandar,perlupeningkatanketerampilanmenyajikanaplikasiinteraktifpada web server dan mengolah data pada file.
d.    Penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Penilaian PKL diberikan oleh dunia usaha/industri tempat siswa praktik.Hasil penilaian PKL dimasukkan dalam rapor berbentuk deskripsi, yang mencantumkankinerja siswa secara keseluruhan yang disampaikan melalui jurnal PKLmaupun sertifikat atau surat keterangan PKL dari industri.
e.     Nilai Remedial dan Pengayaan
Pengolahan penilaian hasil pembelajaran remedial dan pengayaandilakukan sebagai berikut:
1)     Nilai akhir setelah remedial untuk ranah pengetahuan dihitung dengan mengganti nilai indikator yang belum tuntas dengan nilai hasil remedial, selanjutnya diolah dengan rerata nilai seluruh KD.
2)     Nilai akhir setelah remedial untuk ranah keterampilan diambil dari nilai optimum.
3)     Penilaian hasil belajar pengayaan berbentuk portofolio.

2.     Kenaikan Kelas

Kriteria kenaikan kelas adalah sebagai berikut:
a.     Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester;
b.    Deskripsi sikap minimal BAIK;
c.     Deskripsi kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK;
d.    Tidakmemiliki3 (tiga)matapelajaranyang belum mencapai KKM yang bukan berasal dari C2 dan C3
e.     Seluruh mata pelajaran C2 dan C3 mencapai KKM.
Apabilaadakompetensi dalam matapelajarantertentu di kelompok A, B dan Cyangtidakmencapai KKM pada semester ganjildan/atau semester genap, maka guru harus melakukan remedial secukupnya. Nilaiakhirdiambildarireratasemesterganjil dan genap mata pelajarantersebut.
Tabel 5a. Contoh 1. Rapor siswa yang tidak naik kelas
Mata Pelajaran
Semester 1
Semester 2
KI-3
KI-4
KI-3
KI-4
KKM
Angka
KKM
Angka
KKM
Angka
KKM
Angka
Kelompok A (Umum)
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
60
75
60
75
60
75
60
80
PPKn
60
55
60
60
60
65
60
65
Bahasa Indonesia
60
75
60
75
60
75
60
75
Matematika
60
60
60
60
60
60
60
70
Sejarah Indonesia
60
65
60
75
60
75
60
75
Bahasa Inggris
60
65
60
75
60
65
60
75
Kelompok B (Umum)
Seni Budaya
60
80
60
65
60
60
60
55
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
60
65
60
75
60
75
60
75
Kewirausahaan
60
65
60
75
60
65
60
75
Kelompok C (Peminatan)
C1. Dasar Bidang Keahlian
Pemrograman
60
55
60
60
60
60
60
85

Sudah mencapai KKM
C2. Dasar Program Keahlian
C3. Paket Keahlian


Tabel 5b.Contoh2. Raporsiswa yang TidakNaikKelas.
Mata Pelajaran
Semester 1
Semester 2
KI-3
KI-4
KI-3
KI-4
KKM
Angka
KKM
Angka
KKM
Angka
KKM
Angka
Kelompok A (Umum)
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
60
75
60
75
60
75
60
80
PPKn
60
65
60
75
60
75
60
75
Bahasa Indonesia
60
75
60
75
60
75
60
75
Matematika
60
65
60
75
60
65
60
75
Sejarah Indonesia
60
65
60
75
60
75
60
75
Bahasa Inggris
60
65
60
75
60
65
60
75
Kelompok B (Umum)
Seni Budaya
60
65
60
75
60
75
60
75
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
60
65
60
75
60
75
60
75
Kewirausahaan
60
65
60
75
60
65
60
75
Kelompok C (Peminatan)

Sudah mencapai KKM
C1. Dasar Bidang Keahlian
C 2. Dasar Program Keahlian
.......................
60
55
60
65
60
65
60
85










Sudah mencapai KKM
C3. Paket Keahlian

Pada Tabel 5aterlihatada 3 mata pelajaran yang belum tuntas ataukompetenyaitu:
1)     PPKn:perolehannilaiakhirsemester 1 KI-3 sebesar 55 dan KI-4 sebesar 60, karena aspek pengetahuan belum tuntas maka mata pelajaran PPKn pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
2)     Seni Budaya: perolehannilaiakhirsemester 2KI-4 sebesar55 dan KI-3 sebesar 60, karena aspek keterampilan belum tuntas maka mata pelajaran Seni Budaya pada semester 2 dinyatakan belum tuntas.
3)     Pemrograman: perolehannilaiakhir semester 1KI-3 sebesar 55dan KI-4  sebesar 60, karena aspek pengetahuan belum tuntas maka mata pelajaran Pemrograman pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
Hal ini menggambarkan bahwa ada 3 mata pelajaran baik di semester 1 dan 2 yang belum tuntas dikelompok A (Umum) dan /atau B (Umum).
4)     Sedangkan dalam tabel 5b terlihat perolehan nilai akhir semester 1 KI-3 salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian sebesar 55 dan KI-4  sebesar 65. Karena aspek pengetahuan belum tuntas, maka salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian tersebut pada semester 1 dinyatakan belum tuntas.
f.     Satuanpendidikandapatmenambahkankriterialainsesuaidengan kebutuhan masing-masing.

C.    Latihan
1.     Lakukanlah pengolahan nilai untuk ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan dari mata pelajaran yang diampu menggunakan format penilaian sesuai contoh.
2.     Jika Saudara sebagai wali kelas, lakukan pelaporan penilaian hasil belajar dari kelas yang menjadi tanggung jawab Saudara untuk menentukan kenaikan kelas siswa (menggunakan format5).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Penyusunan Soal Pilihan Ganda (PG), Esai (Uraian), dan Praktik (Kinerja)

Tujuan, Prinsip, dan Tahapan/Sintaksis Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Silabus Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital SMK-MAK (Paket Keahlian Multimedia) Kelas 12