Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK
Sesuai dengan Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PMK maka prinsip pembelajaran yang digunakan
sebagai berikut.
1. Prinsip umum
a.
Pembelajaran
sepanjang hayat;
b.
Menerapkan
pendekatan ilmiah;
c.
Menerapkan
nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarsa sung tuladha), membangun kemauan
(ing madya mangun karsa), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam
proses pembelajaran (tut wuri handayani);
d.
Menerapkan
pembelajaran secara terpadu dan tuntas (mastery
learning);
e.
Memperhatikan
keseimbangan antara hard skills dan soft skills;
f.
Menggunakan
berbagai sumber belajar;
g.
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi;
h.
Menerapkan
metode pembelajaran yang mendorong peserta didik lebih aktif, inovatif, kreatif
dan menyenangkan serta mempertimbangkan karakteristik peserta didik; dan
i.
Menerapkan
strategi pembelajaran berbasis kompetensi, dan model-model belajar inkuiri, discovery learning, pembelajaran
berbasis masalah, pembelajaran berbasis produk dan pembelajaran berbasis
proyek.
2. Prinsip khusus
a.
Menekankan
pada keterampilan aplikatif;
b.
Berlangsung
di rumah, sekolah/madrasah dan masyarakat/Dunia Usaha dan Dunia Industri
(DUDI);
c.
Iklim
belajar merupakan simulasi dari lingkungan kerja di DUDI;
d.
Berdasarkan
pada pekerjaan nyata, otentik dan sarat nilai melalui teaching factory untuk mendapatkan pembiasaan berpikir dan bekerja
dengan kualitas seperti di tempat kerja;
e.
Berdasarkan
permintaan pasar kerja;
f.
Melibatkan
praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk memperkuat pembelajaran
dengan cara pembimbingan saat praktik kerja lapangan dan PSG, dan
g.
Menerapkan
sistem penyelenggaraan pendidikan terbuka (Multi
Entry-Multi Exit System/MEMES) dan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).
Komentar
Posting Komentar