Rasional, Tujuan, dan Hasil Yang Diharapkan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK

Perubahan pada bidang teknologi terjadi sangat cepat di awal abad 21, danini terjadi selaras dengan tekanan globalisasi seperti perubahan tatanan ketanagakerjaan, dimana peluang kerja tidak lagi dibatasi oleh batas-batas suatu negara. Konsekwensi dari perubahan tersebut sangat berdampak terhadap kemampuan tenaga kerja yang tidak dapat mempertahankan kompetensi yang dimilikinya, atau kompetensi kerja suatu jabatan tetap statis.

Kompetensi kerja suatu jabatan perlu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi baik berkaitan penerapan teknologi, organisasi kerjamaupun regulasi-regulasi pemberlakuan pasar bebas tenaga kerja seperti MEA pada tingkat ASEAN. Ini sejalan dengan pernyataan King, pada William Borgen, 2001(Techical and Vocational Education and Trainning/TVET in the FirstCentury)“dewasa ini kestabilan pekerjaan telah berubah, dimana digantikan oleh kontek fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan pengalihan keterampilan esensial”.

Perkembangan pada dunia kerja tentu harus diikuti oleh lembaga pendidikan yang menyiapkan tenaga kerja seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dimana pendekatan pengembangan sekolah kejuruan diantaranya adalah market driven. Penggunaan pendekatan tersebut memungkinkan terjadinya kesesuaian antara proses pembelajaran di sekolah dengan yang terjadi pada proses di dunia kerja atau dunia usaha, demikian juga akan terjadi keselarasan antara penguasaan kompetensi dari lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja.

SMK memiliki tujuan menyiapkan lulusannya untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Ini menunjukkan SMK sebagai institusi menyiapkan lulusannya secara komprehensif dan inklusif,membantu peserta didik menumbuhkembangkan capaian hasil pendidikannya secara bermakna berdasarkan potensi yang dimilikinya, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dimana mereka hidup kelak setelah menyelesaikan pendidikan.

Tugas SMK terutama mengantarkan lulusan untuk mencapai kemampuan seperti yang diutarakan di atas, yaitu menguasai kompetensi sesuai tuntutan keterampilan kerja abad 21, yakni keterampilan berfikir tingkat tinggi yang meliputi berfikir kreatif, berfikir kritis, memecahkan masalah. Adapun untuk membangun kemamuan yang lainnyayakni keterampilan literasi dan informasi teknologi,keterampilan untuk hidup mandiri sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajarinya, serta kemamuan menyesuaikan diri dengan tuntutan organisasi kerja (antara lain komunikasi dan kolaborasi), diperlukan pengalaman belajar kontekstual dalam berbagai bentuk model pembelajaransesuai dengan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang dipelajarinya.Atas dasar itulah pada uraian berikut, selanjutnya akan dibahas tentang model-model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan tujuan dan karakteristik pembelajaran pada pendidikan SMK.


Tujuan

Pedoman pembelajaran SMK (model-model pembelajaran) bertujuan memberikan informasi dan petunjuk kepada para pengguna yang memiliki kaitan dengan PMK, khususnya Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru-guru SMK agar dapat:

1.   Menggunakan model-model pembelajaran yang diutamakan sesuai Standar Proses Permendikbud No........Tahun......... sesuai Kurikulum 2013 SMK Perbaikan dan karakteristik PMK dengan tidak menafikan model pembelajaran yang lain.

2.   Menganalisis pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang diampuh.

3.   Menyusunkegiatan pembelajaran berdasarkan sintaks model dan pendekatan saintifik (Kegiatan Inti pada RPP)menggunakan matrik perancah.

Hasil yang Diharapkan

1.   Adanya kesepahaman antara Dinas Pendidikan, Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru-guru dalam penggunaan model pembelajaran pada pelaksanaan kurikulum 2013 SMK Perbaikan.
2.   Contoh penggunaan model pembelajaran dalam RPP dapat digunakan guru sebagai dasar pengembangan strategi pembelajaran yang lebih kreatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Penyusunan Soal Pilihan Ganda (PG), Esai (Uraian), dan Praktik (Kinerja)

Tujuan, Prinsip, dan Tahapan/Sintaksis Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Silabus Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital SMK-MAK (Paket Keahlian Multimedia) Kelas 12