Silabus Mata Pelajaran Desain Multimedia Interaktif (Paket Keahlian Multimedia) Kelas 12
SILABUS MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
||||||||
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
||||||||
3.1.
Memahami konsep multimedia
interaktif
4.1. Menyajikan pelbagai jenis multimedia interaktif
|
Konsep
Multimedia Interaktif
·
Definisi Multimedia Interaktif
·
Manfaat Multimedia Interaktif
·
Tools dan penggunaannya
|
Mengamati
Berbagai multimedia
interaktif dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
·
Mendiskusikan manfaat multimedia
interaktif
· Mendiskusikan
dalam kelompok kecil tentang produk multimedia interaktif
Eksperimen/Eksplorasi
· Mengeksplorasi
tools multimedia interaktif
Asosiasi
Membuat kesimpulan
definisi dan manfaat multimedia interaktif
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengamatan
berbagai media interaktif dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
tentang manfaat multimedia interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.2.
Menerapkan storyboard dalam
multimedia interaktif
4.2. Menyajikan hasil pembuatan storyboard multimedia interaktif
|
Storyboard
·
Flowchart
·
Struktur Linier
·
Struktur Hierarchical
·
Struktur Non-Linier
·
Struktur Composite
·
Komponen Storyboard
·
Template Storyborad
|
Mengamati
Berbagai contoh storyboard
Menanya
·
Mendiskusikan komponen Storyboard
Eksperimen/Eksplorasi
· Mengeksplorasi
struktur flowchart
Asosiasi
Membuat kesimpulan komponen Storyboard
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pembuatan
Storyboard
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
tentang komponen Storyboard
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
Suyanto, M., Multimedia
Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.3.
Memahami prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia
interaktif
4.3. Menyajikan pembuatan desain user
interface multimedia interaktif
|
Desain User Interface
·
Tujuan dan manfaat
·
Prinsip desain user interface
·
Interaksi Pengguna
·
Perancangan : template, menu, tombol
|
Mengamati
Contoh desain user
interface
Menanya
·
Mendiskusikan tujuan dan manfaat desain user
interface
Eksperimen/Eksplorasi
· Mengeksplorasi
interaktis pengguna
Asosiasi
Membuat kesimpulan tujuan
dan manfaat desain user interface
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
diskusi desain user interface
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
tentang interaksi pengguna
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.4.
Menerapkan prosedur pengoperasian
aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
4.4. Menyajikan hasil pengoperasian aplikasi multimedia berbasis halaman
|
Pengenalan Aplikasi
·
Fungsi-fungsi tool aplikasi
·
Halaman/Slide
·
Theme
·
Transitions
·
WordArt dan Shape
·
Animasi
·
Slide View
|
Mengamati
Antarmuka Aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Menanya
·
Mendiskusikan fungsi-fungsi tool
aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan pengoperasi
aplikasi multimedia interaktif
berbasis halaman
Asosiasi
Membuat kesimpulan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
diskusi fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
|
Tugas
Menyelesaikan masalah penggunaan
aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.5.
Memahami cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif
4.5. Menyajikan hasil penggabungan unsur – unsur multimedia dalam produk
multimedia interaktif
|
Unsur-unsur multimedia
·
Menambahkan
Image
·
Menambahkan Animasi
·
Menambahkan Audio
·
MenambahkanVideo
·
Menambahkan Object
|
Mengamati
Berbagai unsur multimedia
Menanya
· Mendiskusikan
dalam kelompok kecil tentang unsur multimedia dan cara menggabungkannya
Eksperimen/Eksplorasi
· Mengeksplorasi
penggabungan unsur media
Asosiasi
Membuat kesimpulan tentang
unsur
multimedia dan cara menggabungkannya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi tentang
unsur
multimedia dan cara menggabungkannya
|
Tugas
Menyelesaikan masalah penggabungan
unsur media dalam produk multimedia
interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
12 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.6.
Menerapkan pembuatan produk
multimedia interaktif berbasis halaman
4.6. Mencipta produk multimedia interaktif.
|
Pembuatan
Produk Multimedia Interaktif berbasis
halaman
·
Perancangan
·
Pembuatan
·
Pengujian
·
Publishing
|
Mengamati
Contoh produk multimedia interaktif berbasis halaman
Menanya
·
Mendiskusikan tahapan pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Eksperimen/Eksplorasi
· Pembuataan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Asosiasi
Membuat kesimpulan
tahapan pembuatan produk multimedia
interaktif berbasis halaman
Mengkomunikasikan
Hasil pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
tentang pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
20 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.7.
Menerapkan prosedur
pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
4.7. Merencanakan dan menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi
multimedia yang efektif dan interaktif
|
Pengenalan Aplikasi
·
Fungsi-fungsi tool aplikasi
·
Menggambar dan bekerja dengan warna
·
Teks
·
Animasi berubah bentuk
·
Object
·
Layer
·
Symbol
·
Graphic
·
Movie Clip
·
Button
|
Mengamati
Antarmuka Aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Menanya
·
Mendiskusikan fungsi-fungsi tool
aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan
pengoperasi aplikasi multimedia
interaktif berbasis waktu
Asosiasi
Membuat kesimpulan fungsi-fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
diskusi fungsi tool aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
penggunaan aplikasi multimedia interaktif berbasis waktu
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.8.
Menerapkan pemrograman pada
produk multimedia interaktif
4.8. Menyajikan hasil pemrograman pada produk multimedia interaktif
|
Dasar
Action Script
·
Actions Panel
·
Operators
·
Actions
·
Objects
·
Properties
|
Mengamati
Hasil
pemrograman pada produk multimedia interaktif
Menanya
·
Mendiskusikan jenis action script
Eksperimen/Eksplorasi
· Mengeksplorasi
action script
Asosiasi
Membuat kesimpulan
jenis-jenis action
script
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pemrograman
action script
|
Tugas
Membuat penggunaan action script
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.9.
Memahami mekanisme pengolahan
data pada produk multimedia interaktif
4.9. Menyajikan hasil pengolahan data pada
produk multimedia interaktif
|
Pengolahan Data
·
Bekerja dengan input text
·
Bekerja dengan Dynamic text
·
Action Script Pengolahan Data
·
Penanganan Form
|
Mengamati
Contoh berbagai pengolahan data pada produk multimedia
Menanya
·
Mendiskusikan tentang pengolahan data pada produk multimedia
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan pengolahan data pada produk multimedia
Asosiasi
Membuat kesimpulan cara pengolahan data pada produk multimedia
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengolahan data pada produk multimedia
|
Tugas
Membuat pengolahan data pada produk multimedia
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.10.
Menerapkan pembuatan produk
multimedia interaktif berbasis waktu
4.10. Mencipta produk multimedia interaktif berbasis waktu
|
Pembuatan
Produk Multimedia Interaktif
·
Perancangan
·
Pembuatan
·
Pengujian
·
Publishing
|
Mengamati
Contoh produk multimedia interaktif berbasis waktu
Menanya
·
Mendiskusikan tahapan pembuatan produk multimedia interaktif berbasis waktu
Eksperimen/Eksplorasi
· Pembuataan produk multimedia interaktif berbasis waktu
Asosiasi
Membuat kesimpulan tahapan
pembuatan produk multimedia
interaktif berbasis waktu
Mengkomunikasikan
Hasil pembuatan produk multimedia interaktif berbasis waktu
|
Tugas
Menyelesaikan masalah
tentang pembuatan produk multimedia interaktif berbasis halaman
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
16 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
3.11.
Menerapkan pengemasan produk multimedia interaktif
4.10. Menyajikan hasil pengemasan produk multimedia interaktif
|
Pengemasan Produk
·
Desain Sampul/Cover
·
Desain Kemasan
·
Pencetakan
|
Mengamati
Contoh kemasan produk multimedia interaktif
Menanya
·
Mendiskusikan desain kemasan produk multimedia interaktif
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan desain kemasan produk multimedia interaktif
Asosiasi
Membuat kesimpulan desain
kemasanproduk multimedia interaktif
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pengemasan
produk multimedia interaktif
|
Tugas
Menyelesaikan masalah pengemasan
produk multimedia interaktif
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes
Essay , pilihan ganda
|
8 JP
|
Tay Vaughan, 2006,
Multimedia : Making it Work, Penerbit Andi, Yogyakarta
|
|||
Komentar
Posting Komentar