Silabus Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Dasar Bidang Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Kelas 11
SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : XI
Kompetensi Inti* :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam
bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
|
||||||||
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
||||||||
3.1.
Mendiskripsikan operasi aritmatika
3.2.
Mendiskripsikan operasi logika
4.1.
Memecahkan permasalahan perhitungan dengan operasi aritmatika
4.2.
Memecahkan permasalahan logika dengan operasi logika
|
Operasi
Aritmatika dan Logika
·
Operasi aritmatika
melalui operator dan fungsi-fungsi aritmatika
·
Operasi logika
|
Mengamati:
·
Pelbagai jenis operasi aritmatika
·
Pelbagai jenis operasi logika
Menanya:
·
Mendiskusikan cara
kerja operasi aritmatika dalam program
·
Mendiskusikan cara kerja
operasi logika dalam program
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pelbagai
operasi aritmatika dalam program
·
Eksperimen pelbagai
operasi logika dalam program
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
tentang cara kerja operasi aritmatika dan logika dalam program.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan
hasil tentang cara kerja operasi logika dan aritmatika dalam program tertentu
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah yang melibatkan operasi aritmatika dan logika
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
·
Hasil kerja
mandiri/kelompok
·
Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
12
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.3. Memahami penggunaan array 1
dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.4. Memahami penggunaan array 2
dimensi untuk penyimpanan data di memori
3.5. Memahami penggunaan array multidimensi
untuk penyimpanan data di memori
4.3.
Menyajikan kumpulan data berdimensi 1 dalam bentuk array
4.4.
Menyajikan kumpulan data berdimensi 2 dalam bentuk array
4.5.
Menyajikan kumpulan data berdimensi banyak dalam bentuk array
|
Array
·
Array 1 dimensi
·
Array multidimensi
|
Mengamati:
·
Penyimpanan data 1
dimensi pada memori
·
Penyimpanan data
multidimensi pada memori
Menanya:
·
Mendiskusikan
pengelompokkan data berdimensi dari kumpulan informasi
·
Mendiskusikan penyimpanan
data 1 dimensi pada memori
·
Mendiskusikan penyimpanan
data multidimensi pada memori
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pengelompokkan
data dalam array
·
Eksperimen pengolahan
data dalam array 1 dimensi
·
Eksperimen pengolahan
data dalam array multidimensi
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
pelbagai pengamatan dan percobaan yang dilakukan terkait pengolahan data
dalam array
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan
hasil diskusi kelompok tentang array 1
dimensi dan multidimensi
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tentang pengolahan data dalam bentuk array
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan
percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
12
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.6.
Memahami operasi string
3.7.
Mendiskripsikan konversi antar tipe data
4.6.
Menalar suatu alur proses kerja ke dalam bentuk kode program
4.7.
Memecahkan masalah konversi antar tipe data
|
Operasi String
dan Konversi Data
·
Operasi dalam satu
kalimat
·
Operasi pemecahan dan
penggabungan string
·
Konversi data ke tipe
lainnya melalui casting atau penggunaan fungsi konversi
|
Mengamati:
·
Pelbagai jenis operasi
string
·
Pelbagai jenis konversi
data ke tipe lainnya
Menanya:
·
Mendiskusikan pelbagai jenis operasi string
·
Mendiskusikan pelbagai jenis konversi data
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pelbagai jenis operasi string
·
Eksperimen pelbagai jenis konversi data
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
pelbagai hasil percobaan dan pengamatan terkait operasi string dan konversi
data
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pelbagai jenis operasi
string dan konversi data pada program
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tentang pelbagai jenis operasi string dan konversi data dalam program
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.8.
Memahami konsep pointer
4.8.
Memodifikasi data melalui pointer
|
Pointer
·
Pointer ke variabel
·
Pointer ke array
|
Mengamati:
·
Pembuatan pointer ke
variabel dan penyimpanannya pada memori
·
Pembuatan pointer ke
array
Menanya:
·
Mendiskusikan teknik pengolahan
pointer ke variabel
·
Mendiskusikan teknik pengolahan pointer ke array
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pengolahan pointer
ke variabel
·
Eksperimen pengolahan
pointer ke array
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
kegunaan pointer dalam program untuk mengendalikan variabel dan manajemen
memori
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pointer pada
program
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah terkait pointer pada aplikasi
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
6
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.9.
Mendiskripsikan penggunaan fungsi
3.10.
Memahami penggunaan fungsi rekursif
3.11.
Menerapkan pointer ke fungsi
3.12.
Menerapkan header file dalam pemrograman
4.9.
Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi
4.10.
Memecahkan masalah prosedural menggunakan konsep fungsi rekursif
4.11.
Memodifikasi data melalui pointer ke fungsi
4.12.
Memodifikasi program prosedural menggunakan header file
|
Fungsi
·
Deklarasi dan definisi
fungsi
·
Parameter fungsi
·
Nilai balik
·
Fungsi rekursif
·
Pointer ke fungsi
·
Modularisasi kode
program
|
Mengamati:
·
Pendeklarasian fungsi
·
Pendefinisian fungsi
·
Pemberian parameter
·
Pemberian nilai balik
·
Pembuatan pointer ke
fungsi
·
Mekanisme pembuatan
header file dalam modularisasi kode program
Menanya:
·
Mendiskusikan cara
kerja fungsi saat dijalankan
·
Mendiskusikan parameter
dan nilai balik dari fungsi
·
Mendiskusikan fungsi rekursif
·
Mendiskusikan
penggunaan pointer ke fungsi
·
Mendiskusikan
penggunaan header file
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pembuatan
fungsi dalam program
·
Eksperimen pemberian
parameter dan nilai balik dalam fungsi
·
Eksperimen pembuatan
dan pemanggilan fungsi rekursif
·
Eksperimen penggunaan
pointer ke fungsi
·
Eksperimen penggunaan
header file
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
tentang cara kerja fungsi dan kegunaan header file dalam manajemen kode
program.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan
hasil tentang cara kerja fungsi dalam program.
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah yang melibatkan fungsi dalam program
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
·
Hasil kerja
mandiri/kelompok
·
Bahan Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan ganda
|
16
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.13. Menerapkan logika pencarian
data
3.14. Menerapkan logika pengurutan
data
4.13.
Menyajikan logika pencarian data pada aplikasi bisnis
4.14.
Menyajikan logika pengurutan data pada aplikasi bisnis
|
Pencarian dan Pengurutan Data
·
Logika pencarian data
dengan algoritma pencarian linier
·
Logika pengurutan data
dengan algoritma bubble sort
·
Logika pengurutan data
dengan algoritma selection sort
|
Mengamati:
·
Logika pencarian data
dengan algoritma
·
Logika pengurutan data
dengan algoritma
Menanya:
·
Mendiskusikan logika pencarian data
·
Mendiskusikan logika
pengurutand data
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pencarian
data dalam array
·
Eksperimen pengurutan
data dalam array
Mengasosiasi:
·
Menganalisa hasil
pengurutan bubble sort dan selection sort
·
Menyimpulkan pelbagai
pengamatan dan percobaan yang telah dilakukan terkait logika pencarian dan
pengurutan.
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan
hasil diskusi kelompok tentang teknik
pencarian dan pengurutan data dalam aplikasi
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tentang pencarian dan pengurutan data dalam aplikasi
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan
percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
3.15. Menerapkan bahasa pemrograman
pada aplikasi bisnis
4.15.
Memecahkan kasus aplikasi bisnis menggunakan konsep bahasa pemrograman
prosedural
|
Pengembangan
Aplikasi
·
Tahapan pengembangan
aplikasi dengan mtode waterfall
·
Tahapan pengembangan
aplikasi metode prototyping
|
Mengamati:
Pelbagai
tahapan dalam pengembangan aplikasi
Menanya:
·
Mendiskusikan pelbagai rencana dan rancangan pengembangan aplikasi
·
Mendiskusikan pelbagai kesalahan dan perbaikan yang dilakukan dalam program
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pengkodean
aplikasi sesuai rencana yang dibuat
·
Eksperimen terhadap
berbagai input yang mungkin dalam program
Mengasosiasi:
·
Menyimpulkan tentang
pengembangan aplikasi yang dilakukan dengan metode pengembangan yang dipilih
·
Menganalisa hasil
pengembangan aplikasi dengan metode waterfall dan prototyping
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan pelbagai metode
pengembangan aplikasi
|
Tugas:
Menyelesaikan
pengembangan program menggunakan metode waterfall dan prototyping
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
Laporan percobaan
Tes:
Essay dan pilihan ganda
|
10
JP
|
·
Buku Teks Pelajaran
·
Buku Panduan Guru
·
Algoritma & Teknik Pemrograman,
2009, Budi Sutedjo, Yogyakarta : Andi
·
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours,
2011, United States of America: Pearson Education, Inc
·
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
·
Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th Edition, 2010, Roger S. Pressman, Ph.D., New York, USA :
McGraw-Hill.
·
Buku-buku dan referensi
lain yang relevan
·
Media cetak/elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|||
Komentar
Posting Komentar