Silabus Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Dasar Bidang Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Kelas 10
SILABUS MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas :
X
Kompetensi Inti* :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran*
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2. Mendiskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan
Pelbagai sumber energi di alam.
1.3. Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan
ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||||
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan
kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud
implementasi melaksanakan percobaan
dan
melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1. Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
4.1.
Menggunakan algoritma pemrograman untuk
memecahkan permasalahan
|
Algoritma Pemrograman
- Konsep algoritma
- Struktur
algoritma
- algoritma
menggunakan bahasa natural
- Pengenalan
Variabel
- Pengenalan
tipe data
- Pengenalan
operator
- Pseudocode
- Flowchart
- Penggunaan
Tool
flowchart
|
Mengamati:
-
Pelbagai contoh penerapan algoritma
dasar dalam kehidupan sehari-hari
-
Karakteristik tipe data
Menanya:
-
Rumusan masalah terkait penerapan algoritma sederhana
-
Logika penyelesaian masalah dengan struktur
algoritma
Mengeksplorasi:
-
Membuat algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan
bahasa natural, flowchart dan pseudocode
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan konsep algorima (bahasa
natural, flowchart dan pseudocode) untuk menyelesaikan permasalahan
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan algoritma
penyelesaian permasalahan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma sederhana (bahasa natural, pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan permasalahan dalam
kehidupan sehari-hari.
Portopolio:
-
Laporan praktek membuat
algoritma pemecahan masalah menggunakan bahasa natural, flowchart dan
pseudocode.
Observasi:
-
Checklist hasil pengamatan Pelbagai contoh algoritma
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang konsep
algoritma, pseudocode, flowchart
|
16 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi,
Algoritma dan Teknik Pemrograman, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam
bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011
|
3.2. Memahami
struktur algoritma serta menganalisis
data dalam suatu algoritma percabangan
4.2.
Menggunakan algoritma percabangan untuk memecahkan permasalahan
|
Algoritma
percabangan
-
Percabangan 1 kondisi
-
Percabangan 2 kondisi
-
Percabangan lebih dari 2 kondisi
-
Percabangan bersarang
|
Mengamati:
-
Pelbagai contoh penerapan algoritma percabangan 1, 2, lebih dari
2 kondisi dan percabangan
bersarang
Menanya:
-
Rumusan masalah terkait algoritma
percabangan
1, 2, lebih dari 2 kondisi dan percabangan bersarang
-
Alur penyelesaian masalah dengan algoritma percabangan.
Mengeksplorasi:
-
Membuat algoritma penyelesaian masalah
percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi,
serta percabangan bersarang
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan
algoritma percabangan untuk memecahkan masalah
-
Menganalisa algoritma percabangan dengan Pelbagai
data
Mengkomunikasikan:
- Mempresentasikan
algoritma penyelesaian masalah percabangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart) untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan logika percabangan 1,
2, lebih dari 2 kondisi, serta percabangan bersarang.
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma percabangan 1,
2, lebih dari 2 kondisi, dan percabangan bersarang
Observasi:
-
Checklist hasil pengamatan contoh algoritma percabangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek tentang konsep
algoritma percabangan 1, 2 lebih dari 2 kondisi, dan percabangan
bersarang
|
12 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi,
Algoritma dan Teknik Pemrograman,
Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam
bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011
|
3.3. Memahami
struktur algoritma serta menganalisa
data dalam suatu algoritma perulangan
4.3.
Memecahkan permasalahan dengan algoritma perulangan
|
Algoritma perulangan
-
Perulangan dengan kondisi diawal
-
Perulangan dengan kondisi diakhir
-
Perulangan dengan kondisi akhir
diinputkan user
-
Perulangan sebagai pencacah naik
-
Perulangan sebagai pencacah turun.
|
Mengamati:
-
Pelbagai ragam contoh penerapan algoritma
perulangan
Menanya:
-
Rumusan masalah dan logika
penyelesaian masalah menggunakan algoritma perulangan
Mengeksplorasi:
-
Membuat pelbagai algoritma
penyelesaian masalah menggunakan logika perulangan
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan
algoritma perulangan untuk menyelesaikan masalah
-
Menganalisa algoritma perulangan dengan Pelbagai
macam data
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan pelbagai ragam algoritma penyelesaian masalah menggunakan
logika perulangan
|
Tugas:
-
Membuat algoritma (pseudocode dan flowchart)
untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan logika perulangan
Portopolio:
-
Laporan praktikum algoritma perulangan
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan Pelbagai ragam contoh penerapan algoritma
perulangan
Tes:
-
Tes tertulis dan praktek algoritma perulangan
|
12 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi,
Algoritma dan Teknik Pemrograman,
Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam
bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011
|
3.4. Menerapkan
bahasa pemrograman
4.4. Mengolah
algoritma ke dalam bentuk kode
program komputer
|
Bahasa pemrograman
-
Pengenalan bahasa pemrograman
-
Pengenalan tools/framework pengembangan program
-
Instalasi tools bahasa pemrograman
-
Struktur bahasa pemrograman
-
Standar output dalam bahasa pemrograman
-
Standar Input
dalam
bahasa pemrograman
-
Kompilasi dan eksekusi program
-
Perbaikan kesalahan
|
Mengamati:
-
Framework bahasa pemrograman
-
Instalasi tools bahasa pemrograman
-
Pelbagai contoh kode program dalam
bahasa pemrograman
Menanya:
-
Struktur penulisan program dalam bahasa
pemrograman
-
Proses kompilasi dan eksekusi program
Mengeksplorasi:
-
Melakukan instalasi bahasa pemrograman
-
Membuat kode program dengan algoritma sederhana
-
Melakukan kompilasi, eksekusi
dan perbaikan kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan
struktur penulisan program dan algoritma dasar dalam pembuatan program
komputer sederhana.
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan presentasi program.
|
Tugas:
-
Membuat kode program sederhana sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan sesuai
standar input dan output
-
Mengkompilasi, mengeksekusi kode dan
perbaikan program
Portopolio:
-
Laporan pembuatan kode program sesuai dengan
algoritma yang telah
dirumuskan sesuai standar
input dan output.
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan
Tes:
Tes tertulis dan
praktek tentang konsep dan penerapan bahasa pemrograman
dalam program sederhana
|
8 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United
States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.5.
Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
4.5.
Mengolah data menggunakan konsep tipe data, variabel, konstanta, operator
dan ekspresi.
|
Tipe
Data, Variabel, Operator dan Ekspresi
-
Tipe data, variabel dan konstanta
-
Operator dan ekspresi
|
Mengamati:
-
Pelbagai ragam contoh kode program yang
melibatkan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi
Menanya:
-
Ragam tipe data, variabel, konstanta, operator,
ekspresi dan karakteristiknya
Mengeksplorasi:
-
Membuat pelbagai kode program menggunakan
ragam tipe data, variabel, kontanta, operator dan ekspresi
sesuai algoritma sederhana.
-
Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penggunaan tipe data,
variabel, konstanta,
operator
dan ekspresi
dalam
program komputer sederhana
Mengkomunikasikan:
Membuat laporan dan mempresentasikan
hasil program komputer
|
Tugas:
-
Membuat kode program komputer
menggunakan pelbagai ragam tipe data, variabel konstanta, operator
dan ekspresi.
Portopolio:
-
Laporan pembuatan kode
program menggunakan
pelbagai ragam tipe data,
variabel, konstanta, operator dan ekspresi sesuai dengan
algoritma sederhana.
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan pelbagai ragam contoh kode program
Tes:
Tes tertulis tentang penggunaan
tipe
data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi.
|
4 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United
States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.6. Menerapkan
struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
4.6.
Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol percabangan
|
Struktur Kontrol
Percabangan
-
Percabangan 1 kondisi
-
Percabangan 2 kondisi
-
Percabangan lebih dari 2 kondisi
-
Percabangan bersarang
|
Mengamati:
-
Pelbagai contoh kode program dengan
struktur kontrol percabangan.
Menanya:
-
Pelbagai strukur penulisan kontrol percabangan 1,
2, lebih dari 2 konsisi dan bersarang.
Mengeksplorasi:
-
Membuat pelbagai kode program menggunakan
struktur percabangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan.
-
Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan penerapan algoritma
dan struktur kontrol percabangan 1, 2, lebih dari 2 konsisi dan bersarang dalam
program komputer
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan
hasil program komputer yang melibatkan struktur percabangan
|
Tugas:
-
Membuat kode program menggunakan
struktur kontrol percabangan
Portopolio:
-
Laporan pembuatan kode program menggunakan
struktur kontrol percabangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Observasi:
-
Checklist hasil pengamatan
pelbagai contoh kode program dengan struktur kontrol percabangan.
Tes:
Tes tertulis dan
praktek tentang konsep dan penerapan struktur percabangan
|
8 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United
States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
3.7.
Menerapkan struktur kontrol
perulangan dalam bahasa
pemrograman.
4.7.
Memecahkan masalah menggunakan struktur kontrol perulangan.
|
Struktur Kontrol
Perulangan
-
Perulangan dengan kondisi diawal
-
Perulangan dengan kondisi diakhir
-
Perulangan dengan kondisi diinputkan
user
-
Perulangan dengan pernyataan continue
-
Perulangan dengan pernyataan break
|
Mengamati:
-
Pelbagai ragam contoh kode program dengan
struktur kontrol perulangan
Menanya:
-
Pelbagai penulisan kode program struktur kontrol perulangan
Mengeksplorasi:
-
Membuat pelbagai kode program
menggunakan struktur perulangan
sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
-
Melakukan kompilasi, eksekusi dan perbaikan
kesalahan program.
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan pelbagai
ragam struktur kontrol perulangan dalam program komputer sesuai dengan
algoritma yang telah dirumuskan
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan hasil program
komputer yang
melibatkan struktur perulangan
|
Tugas:
-
Membuat pelbagai kode program menggunakan
struktur
kontrol perulangan sesuai dengan algoritma yang telah dirumuskan
Portopolio:
-
Laporan pembuatan kode program menggunakan
struktur
kontrol perulangan
Observasi:
-
checklist hasil
pengamatan pelbagai ragam contoh kode program dengan
struktur kontrol perulangan
Tes:
Tes tertulis dan
praktek tentang konsep dan penerapan struktur kontrol perulangan
|
8 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011, United
States of America: Pearson Education, Inc
-
Qt Basic Curriculum, 2010, NICE (Nokia
Indonesia Community Enthusiast)
|
3.8. Menerapkan keseluruhan konsep algoritma dalam penyelesaian masalah kompleks
4.8. Menganalisa
kesalahan dalam program
|
Pengembangan
Algoritma Aplikasi
-
Definisi
-
Analisa Pemecahan Masalah
-
Debugging dan error
handling
-
Studi kasus proyek aplikasi program komputer
|
Mengamati:
-
Rancangan algoritma untuk permasalahan yang
komplek
-
Contoh debugging program komputer
Menanya:
-
Konsep desain dan analisa algoritma untuk penyelesaian permasalahan
komplek
Mengeksplorasi:
-
Merumuskan permasalahan komplek sebagai studi
kasus
-
Merancang aplikasi program komputer
-
Membuat kode program komputer (coding)
-
Debugging dan error handling program
komputer
Mengasosiasi:
-
Menyimpulkan konsep desain dan analisa
algoritma untuk menyelesaikan permasalahan komplek
Mengkomunikasikan:
Mempresentasikan hasil rancangan,
pembuatan kode program analisa dan
perbaikan
|
Tugas:
-
Merancang program komputer untuk permasalahan
yang komplek
-
Membuat kode program komputer
-
Debugging dan error handling program
komputer
Portopolio:
-
Laporan praktek perancangan pembuatan dan analisa program komputer
Observasi:
-
checklist hasil rancangan
algoritma untuk permasalahan yang komplek dan contoh debugging program
komputer
Tes:
Tes tertulis dan
praktek tentang desain program komputer, debugging dan error
handling program
komputer
|
8 JP
|
-
Buku teks pelajaran
-
Buku panduan guru
-
Sutedjo, budi,
Algoritma dan Teknik Pemrograman,
Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2009.
-
Munir, Rinaldi, Algoritma dan pemrograman dalam
bahasa Pascal dan C, Informatika Bandung, 2011
-
Sams Teach Yourself C++ in 24 Hours, 2011,
Pearson Education, Inc, United States of America
-
Qt Basic Curriculum, 2011, NICE (Nokia Indonesia
Community Enthusiast)
|
Komentar
Posting Komentar