Silabus Mata Pelajaran Pengambilan Gambar Bergerak (Paket Keahlian Multimedia) Kelas 12
SILABUS
MATA PELAJARAN PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
(PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
||||||||
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang
menciptakan berbagai sumber energi di alam
|
||||||||
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan
sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
|
||||||||
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
||||||||
3.1. Memahami jenis kamera dan pelbagai peralatan pengambilan gambar bergerak
4.1. Menyajikan karateristik dari jenis kamera, peralatan pengambilan
gambar bergerak
|
Jenis dan karasteristik
kamera video :
· Kamera video
analog
· Kamera video
digital
|
Mengamati:
· Jenis dan karasteristik kamera video
analog
· Jenis dan karasteristik kamera video
digital
Menanya:
· Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik kamera video analog
· Mendiskusikan tentang jenis dan karasteristik kamera video digital
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen jenis dan karasteristik kamera video
analog
· Eksperimen jenis dan
karasteristik kamera video digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang jenis dan
karasteristik kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang jenis dan karasteristik kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan
masalah tentang jenis dan karasteristik
kamera video
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.2. Memahami format
video
4.2.
Menyajikan format video
|
Format
Video :
·
Video analog
·
Video digital
|
Mengamati:
·
Format video pada video analog
·
Format video pada video digital
Menanya:
·
Mendiskusikan format video pada video
analog
·
Mendiskusikan format video pada
video digital
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen format video pada video
analog
·
Eksperimen
format video pada video
digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pelbagai
format video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pelbagai format video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pelbagai format video
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.3.
Memahami prosedur
pengoperasian kamera video
4.3.
Melaksanakan
prosedur pengoperasian kamera video
|
Pengoperasian
kamera video :
· Prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Seting
fitur-fitur pada kamera video
· Media
penyimpanan rekaman pada kamera video
|
Mengamati:
· Prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Seting
fitur-fitur pada kamera video
· Media
penyimpanan rekaman pada kamera video
Menanya:
· Mendiskusikan prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Mendiskusikan seting fitur-fitur
pada kamera video
· Mendiskusikan tentang
media
penyimpanan rekaman pada kamera video
Mengeksplorasi:
· Eksperimen prosedur
menghidupkan, merekan dan mematikan kamera video
· Eksperimen seting
fitur-fitur pada kamera video
· Eksperimen tentang
media
penyimpanan rekaman pada kamera video
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian
kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pengoperasian kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah
pengoperasian kamera video
Observasi:
Mengamati kegiatan/aktivitas
siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.4.
Memahami teknik memegang kamera
4.4. Menyajikan teknik memegang kamera video
|
Teknik memegang kamera video
·
Posisi tangan
·
Sikap tubuh
|
Mengamati:
·
Posisi tangan
pada saat memegang kamera
·
Sikap tubuh pada saat memegang kamera
Menanya:
·
Mendiskusikan posisi tangan pada saat memegang kamera
·
Mendiskusikan sikap tubuh pada saat
memegang kamera
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang posisi tangan pada saat memegang kamera
·
Mendiskusikan sikap tubuh pada saat
memegang kamera
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang teknik
memegang kamera video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang teknik memegang kamera video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah teknik memegang kamera video
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.5.
Memahami pengoperasian
pencatat
adegan
4.5. Menyajikan teknik pengoperasian
pencatat
adegan
|
Pengoperasian pencatat adegan
·
Pengenalan clapperboard
·
teknik pengoperasian clapperboard
|
Mengamati:
·
Pengenalan clapperboard pada
pengoperasian pencatat adegan
·
Teknik pengoperasian clapperboard
Menanya:
·
Mendiskusikan clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·
Mendiskusikan teknik
pengoperasian
clapperboard
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen clapperboard pada pengoperasian pencatat adegan
·
Eksperimen teknik
pengoperasian
clapperboard
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pengoperasian pencatat adegan
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pengoperasian pencatat
adegan
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pengoperasian pencatat adegan
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.6.
Memahami ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak
4.6. Menyajikan hasil pengambilan gambar bergerak
berdasarkan ukuran bidang pandang kamera
|
Ukuran bidang pandang pengambilan gambar bergerak :
· Extreme dan Long Shot
· Medium Long
Shot
· Medium Shot
· Medium Close up
· Close up
· Big Close up
· Two shot
|
Mengamati:
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan Long Shot
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long Shot
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium
Close up
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close up
· Pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot
Menanya:
· Mendiskusikan pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan Long Shot
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long
Shot
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium
Close up
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close
up
· Mendiskusikan
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot
Mengeksplorasi:
· Eksperimen pengambilan
gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme dan Long Shot
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Long
Shot
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium Shot
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang medium
Close up
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang close up
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang big Close up
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang extreme Close
up
· Eksperimen
pengambilan gambar bergerak pada ukuran bidang pandang two shot
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang ukuran bidang pandang saat pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang ukuran bidang pandang
saat pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah ukuran bidang pandang
saat pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
16 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.7.
Memahami sudut pandang pengambilan gambar bergerak
4.7. Menyajikan hasil pengambilan gambar bergerak berdasarkan sudut pandang pengambilan gambar
|
Sudut pandang pengambilan
gambar
bergerak :
·
Bird eye view
·
Eye level
·
Frog eye
·
Low angle
dan diagonal
|
Mengamati:
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang bird eye view
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang eye level
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang frog eye
·
Pengambilan gambar gerak dengan sudut pandang low angle dan diagonal
Menanya:
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang bird eye view
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang eye level
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang frog eye
·
Mendiskusikan pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang low angle
dan diagonal
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang bird eye view
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang eye level
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang frog eye
·
Eksperimen pengambilan gambar gerak
dengan sudut pandang low angle
dan diagonal
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang sudut pandang pada
pengambilan
gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang
sudut pandang pada pengambilan gambar
bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang sudut pandang pada pengambilan
gambar bergerak
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
16
JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.8.
Memahami perekaman suara narasi dengan kamera
4.8. Menyajikan hasil perekaman suara
narasi menggunakan kamera
|
Perekaman narasi
dengan kamera video :
· Peralatan
perekam audio
· Proses merekam
narasi
· Timecode
|
Mengamati:
· Peralatan
perekam audio pada proses perekaman narasi
dengan kamera video
· Proses merekam
narasi
· Timecode pada proses perekaman narasi
dengan kamera video
Menanya:
· Mendiskusikan
Mengeksplorasi:
· Eksperimen
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pada perekaman narasi dengan
kamera video
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.9.
Menerapakan prosedur penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
4.9.
Menyajikan hasil penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
|
Penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
·
mengisi dan merawat baterai
selama pengambilan gambar
·
Penataan kabel-kabel kamera
video
|
Mengamati:
·
Teknik mengisi dan merawat
baterai selama pengambilan gambar
·
Penataan kabel-kabel kamera
video selama pengambilan gambar
Menanya:
·
Mendiskusikan teknik mengisi
dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Mendiskusikan penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang mengisi dan merawat baterai selama pengambilan gambar
·
Eksperimen tentang penataan kabel-kabel kamera video selama pengambilan gambar
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang penggunaan peralatan pendukung selama pengambilan gambar
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah penggunaan
peralatan pendukung selama pengambilan gambar
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
4 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.10.
Menerapkan prosedur transfer
data video ke media
4.10.
Menyajikan hasil transfer data
video ke media penyimpan
|
Pengcapturean video :
·
Peralatan untuk capture video
·
Perangkapt lunak
untuk capture video
·
Proses capture video analog
·
Proses capture video digital
|
Mengamati:
·
Peralatan untuk capture video
·
Perangkapt lunak
untuk capture video
·
Proses capture video analog
·
Proses capture video digital
Menanya:
·
Mendiskusikan peralatan untuk capture
video
·
Mendiskusikan perangkapt lunak untuk capture video
·
Mendiskusikan proses capture video
analog
·
Mendiskusikan proses capture video
digital
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen peralatan untuk capture
video
·
Eksperimen perangkapt lunak untuk capture video
·
Eksperimen proses capture video
analog
·
Eksperimen proses capture video
digital
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
tentang pengcapturean video
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil tentang
pengcapturean video
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tentang pengcapturean video
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.11.
Memahami
Skenario
4.11.
Menyajikan hasil
pembuatan skenario
|
Pembuatan skenario
·
Ide cerita dan outline
·
Skenario
|
Mengamati:
·
Pembuatan ide cerita dan outline
·
Pembuatan skenario
Menanya:
·
Mendiskusikan pembuatan ide cerita dan
outline
·
Mendiskusikan pembuatan skenario
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang pembuatan ide cerita dan
outline
·
Eksperimen tentang pembuatan skenario
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan
skenario
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pembuatan scenario
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan
skenario
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.12.
Memahami Storyboard
4.12.
Menyajikan hasil
pembuatan storyboard
|
Pembuatan storyboard
· Sketsa tokoh
cerita
· Sketsa
properti
· Storyboard
|
Mengamati:
· Pembuatan
sketsa
tokoh cerita
· Pembuatan sketsa properti
· Pembuatan storyboard
Menanya:
· Mendiskusikan pembuatan
sketsa
tokoh cerita
· Mendiskusikan pembuatan sketsa properti
· Mendiskusikan pembuatan storyboard
Mengeksplorasi:
· Eksperimen tentang
pembuatan sketsa tokoh cerita
· Eksperimen tentang
pembuatan sketsa properti
· Eksperimen tentang pembuatan storyboard
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan
storyboard
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pembuatan storyboard
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan
storyboard
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal video
editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.13.
Memahami teknik
pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
4.13.
Menyajikan hasil pengambilan gambar bergerak
berdasarkan teknik pergerakan kamera
|
Pergerakan kamera
saat pengambilan gambar bergerak :
·
Zooming
·
Panning
·
Tilting
·
Crabbing
·
Tracking
·
Pedestal
·
Travelling
|
Mengamati:
· Pengambilan gambar bergerak dengan zooming
· Pengambilan gambar bergerak dengan panning
· Pengambilan gambar bergerak dengan tilting
· Pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
· Pengambilan gambar bergerak dengan tracking
· Pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
· Pengambilan gambar bergerak dengan travelling
Menanya:
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan zooming
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan panning
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan tilting
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan tracking
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
· Mendiskusikan pengambilan gambar bergerak dengan travelling
Mengeksplorasi:
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan zooming
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan panning
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan tilting
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan crabbing
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan tracking
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan pedestal
· Eksperimen pengambilan gambar bergerak dengan travelling
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pergerakan kamera saat
pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pergerakan kamera saat
pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
16 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.14.
Memahami komposisi obyek pada pengambilan
gambar bergerak
4.14. Menyajikan hasil
pengambilan gambar bergerak dengan berbagai variasi komposisi obyek
|
Komposisi
obyek pada pengambilan gambar bergerak :
·
Triangulasi
·
Golden mean
·
Head room
·
Lead room
·
Walking room
·
Frame
|
Mengamati:
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek triangulasi
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek golden mean
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek head room
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek lead room
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek walking room
·
Pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek frame
Menanya:
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek head room
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek lead room
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek walking room
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek frame
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek triangulasi
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek golden mean
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek head room
·
Eksperimen pada pengambilan gambar bergerak
dengan komposisi obyek lead room
·
Eksperimen pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek walking room
· Eksperimen
pada pengambilan gambar
bergerak dengan komposisi obyek frame
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang komposisi obyek
pada pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah komposisi obyek pada pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.15 Memahami tata
cahaya
4.15. Mengolah tata cahaya
untuk pengambilan gambar bergerak
|
Tata cahaya untuk
pengambilan gambar bergerak
· Kualitas
pencahayaan
· Sumber cahaya
· Arah
pencahayaan
· Warna cahaya
|
Mengamati:
· Kualitas
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Sumber cahaya
pada pengambilan gambar bergerak
· Arah
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·
Warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Menanya:
· Mendiskusikan kualitas
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Mendiskusikan sumber cahaya
pada pengambilan gambar bergerak
· Mendiskusikan arah
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
·
Mendiskusikan warna cahaya pada pengambilan gambar bergerak
Mengeksplorasi:
· Eksperimen tentang
kualitas
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Eksperimen tentang sumber cahaya
pada pengambilan gambar bergerak
· Eksperimen tentang arah
pencahayaan pada pengambilan gambar bergerak
· Eksperimen tentang warna cahaya
pada pengambilan gambar
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang tata cahaya
untuk pengambilan gambar bergerak
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah tata cahaya untuk pengambilan gambar bergerak
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
8 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
3.16
Memahami pembuatan film
pendek
4.16 Menyajikan hasil pembuatan film pendek
|
Pembuatan film pendek
· Storyboard
· Narasi
· Pencahayaan
· Pengambilan gambar
bergerak
|
Mengamati:
·
Storyboard pada pembuatan film
pendek
·
Narasi pada pembuatan film
pendek
·
Pencahayaan pada pembuatan film
pendek
·
Pengambilan gambar bergerak
pada pembuatan film pendek
Menanya:
·
Mendiskusikan storyboard
pada pembuatan film pendek
·
Mendiskusikan narasi
pada pembuatan film pendek
·
Mendiskusikan pencahayaan
pada pembuatan film pendek
·
Mendiskusikan pengambilan gambar
bergerak pada pembuatan film pendek
Mengeksplorasi:
·
Eksperimen tentang storyboard
pada pembuatan film pendek
·
Eksperimen tentang narasi
pada pembuatan film pendek
·
Eksperimen tentang pencahayaan
pada pembuatan film pendek
· Eksperimen
tentang pengambilan
gambar bergerak pada pembuatan film pendek
Mengasosiasi:
Menyimpulkan tentang pembuatan
film pendek
Mengkomunikasikan:
Menyampaikan hasil
tentang pembuatan film pendek
|
Tugas:
Menyelesaikan masalah pembuatan film pendek
Observasi:
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio:
· Hasil
kerja mandiri/kelompok
· Bahan
Presentasi
Tes:
Essay dan/atau pilihan
ganda
|
12 JP
|
·
BW Arif, Mari mengenal
video editing, Penerbit Andi, 2009,
Yogyakarta
·
Vaughan Tay, Multimedia
Making it Work, Penerbit Andi, 2006, Yogyakarta
|
|||
Komentar
Posting Komentar