Silabus Mata Pelajaran Sistem Komputer (Dasar Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kelas XI
SILABUS MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
(DASAR BIDANG
KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas / Semester : XI
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif dan
mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan
langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan
ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
|||||
3.1. Memahami sistem input-proses-output
4.1. Merencanakan dan membuat perangkat input – output dengan
menggunakan modul I/O terprogram
|
Sistem Input-Proses-Output
· Sistem,
fungsi, dan struktur masukan
· Teknik
input-output
· Perangkat
pemroses
· Sistem,
fungsi, dan struktur keluaran
· Modul Input Output
(I/O) terprogram ( PPI )
|
Mengamati
Tayangan /gambar tentang
input-proses-output pada sistem komputer
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang sistem
input-proses-output
Mengeksplorasi
· Membuat
gambar (diagram) hubungan antara unit input, unit pemroses, dan unit
output
· Mengeksplorasi
sistem, fungsi, dan struktur masukan/keluaran
· Mengeksplorasi
unit pemroses
· Mengeksplorasi
teknik input-output
· Mengeksplorasi
modul input-output terprogram
Mengasosiasi
· Mengelompokkan
bagian input, bagian pemroses, dan bagian output dalam sistem komputer
· Menganalisis
rangkaian modul input-output terprogram
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk gambar modul input-output terprogram
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang
unit masukan dan keluaran
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
8 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
John L Hennessy, [1997]
Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
|
3.2.
Memahami Perangkat
Eksternal/Peripheral
4.2.
Merangkai perangkat
eksternal dengan console unit
|
Perangkat Eksternal/Peripheral
· Peripheral
Input (keyboard, mouse, touchscreen,barcode reader, image scanner, webcam)
· Peripheral
Output (monitor, LCD, printer, plotter)
· Peripheral
Storage (external hard drive, flash drive, disk drive, CD/DVD ROM
drive)
· Peripheral
Input/Output (modem, NIC)
|
Mengamati
Tayangan/gambar
atau demonstrasi tentang Perangkat External/Peripheral
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan, gambar,
demonstrasi atau teks pembelajaran tentang Perangkat Eksternal/Peripheral
Mengeksplorasi
· Mengesksplorasi
Peripheral Iput
· Mengesksplorasi
Peripheral Output
· Mengesksplorasi
Peripheral Storage
· Mengesksplorasi
Peripheral Iput/Output
· Menghubungkan
perangkat-perangkat eksternal dengan sistem komputer
· Meng-install
driver sesuai dengan perangkat eksternal
Mengasosiasi
Menganalisis Peripheral
sesuai dengan fungsinya (Input, Output, Storage, Input/Output)
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
analisis dalam bentuk gambar
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang
Perangkat External/Peripheral
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
8 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
John L Hennessy, [1997]
Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
|
3.3.
Memahami struktur dan Interkoneksi
Bus.
4.3.
Menggunakan struktur
dan interkoneksi bus untuk membuat jaringan
|
Struktur dan Interkoneksi Bus
· Jenis
dan fungsi masing-masing Bus
· Sistem bus (Address, Data, Control Bus)
· Skema
interkoneksi bus ( hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam
bentuk minimal sistem )
|
Mengamati
Tayangangambar
tentang
Struktur dan Interkoneksi
Bus
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan/gambar atau teks pembelajaran tentang Struktur dan
interkoneksi bus
Mengeksplorasi
· Membuat
Skema interkoneksi bus (hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam
bentuk minimal sistem)
· Mengeksplorasi
sistem dan fungsi bus
Mengasosiasi
Mengelompokkan dan
menganalisis sistem bus sesuai dengan fungsinya ( data,address dan control
bus )
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan skema
interkoneksi bus ( hubunngan antara CPU, Memori, dan Input-Output dalam
bentuk minimal sistem )
|
Tugas
Menyelesaikan masalah Struktur
dan Interkoneksi bus
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
8 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
John L Hennessy, [1997]
Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmannda
|
3.4.
Memahami dan menganalisis kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram
4.4.
Menggunakan kaidah dan
simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau struktogram untuk memecahkan
masalah
|
Kaidah dan simbol-simbol yang digunakan pada Flowchart
atau Struktogram
· Simbol
blok dan fungsinya
· Simbol
cabang tunggal dan fungsinya
· Simbol
cabang rangkap dan fungsinya
· Simbol
pengulangan bersyarat (tanpa syarat) dan fungsinya
· Simbol
program bagian (subroutine) dan fungsinya
· Penerapan
simbol atau simbol-simbol untuk memecahkan masalah (dimulai dari kasus
sehari-hari )
|
Mengamati
Tayangan proses pemacahan
masalah ( contoh kasus ) dengan menggunakan simbol-simbol flowchart atau
struktogram
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan proses pemacahan masalah ( contoh kasusu ) dengan
menggunakan simbol-simbol flowchart atau struktogram
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi simbol-simbol yang digunakan pada flowchart atau
struktogram
Mengasosiasi
Mengelompokkan dan
menganalisa simbol-simbol yang digunakan dalam flowchart atau struktogram
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
pemecahan masalah dalam bentuk flowchart atau struktogram
|
Tugas
Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan flowchart/struktogram
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan dan flowchart atau struktogram
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
8 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
John L Hennessy, [1997]
Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
|
3.5. Memahami organisasi prosesor, register, dan siklus
instruksi (fetching, decoding, executing)
4.5. Menggunakan organisasi prosesor, register
dan siklus instruksi (fetching, decoding,
executing) untuk memecahkan masalah
|
Organisasi Prosesor, Register, dan Siklus Instruksi
· Fetching
· Decoding
· Executing
|
Mengamati
Tayangan flowchart
atau struktogram proses fetching, decoding, dan executing
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan tentang organisasi prosesor, register dan siklus instruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi siklus
fetching, decoding, dan executing menggunakan gambar minimal sistem komputer
Mengasosiasi
Menganalisis proses
yang terjadi di Program Counter, Instruction Register, dan Control Unit pada
saat siklus instruksi berlangsung
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil
pemecahan masalah yang dituangkan kedalam flowchart/struktogram
|
Tugas
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan organisasi prosesor, register, dan siklus instruksi (fetching,
decoding, executing)
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk flowchart/struktogram
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
8 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
John L Hennessy, [1997]
Computer Organization and Design, Second Edition, Morgan Kaufmann
|
3.6. Memahami Struktur CPU dan fungsi CPU
4.6. Membuat rangkaian internal CPU
|
Struktur
dan Fungsi CPU
· Struktur
CPU (ALU, Control Unit dan Register)
· ALU
· Control Unit
· Register
Internal (Program Counter, Accumulator, Index Register, Stack Pointer)
|
Mengamati
Tayangan tentang
Struktur dan Fungsi CPU
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan atau teks pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan Struktur dan
Fungsi CPU
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
Struktur CPU dan fungsi masing-masing
· Mengeksplorasi ALU
· Mengeksplorasi Control Unit
· Mengeksplorasi Register Internal
Mengasosiasi
· Mengelompokkan
bagian-bagian
/komponen Register Internal
· Menganalisis
fungsi masing-masing register internal
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil yang
berupa gambar tentang rangkaian
internal CPU
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang
Organisasi
Processor
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
6 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
|
3.7. Memahami karakteristik Set Instruksi
(operand dan operasi)
4.7. Menggunakan set instruksi (operand dan
operasi) untuk memecahkan masalah
|
Karakteristik
Set Instruksi
· Element-element
Instruksi (Op Code, Source Operand, Result Operand, Next Instruction
Reference)
· Tipe-Tipe
Instruksi (Data Processing, Data Storage, Data Movement, Program Flow
Control)
· Tipe-Tipe
Operand (Address, Numbers, Characters, Logical Data)
· Tipe-Tipe
Operasi (Data Transfer, Arithmetic, Logical, Conversion, I/O, System Control,
Transfer of Control)
· Instruksi
Percabangan
· Memacahkan
masalah ( contoh-contoh kasus ) yang dimulai dengan flowchart atau
struktogram, listing program
|
Mengamati
Tayangan tentang
Karakteristik Set
Instruksi
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Karakteristik
Set Instruksi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi
tentang Karakteristik Set Instruksi
Mengasosiasi
· Mengelompokkan
Element-element
instruksi
· Mengelompokkan
Tipe-tipe
Instruksi
· Mengelompokkan
Tipe-tipe
Operand
· Mengelompokkan
Tipe-tipe
Operasi
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil pemecahan masalah dalam bentuk flowchart atau
struktogram, dan listing program
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang
Karakteristik Set Instruksi
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan, gambar dan tabel
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
14 JP
|
William Stalling, [1997]
Organisasi dan Arsitektur Komputer,
Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo.
Programmers
Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12
|
3.8. Memahami mode dan format pengalamatan
4.8. Menggunakan mode dan format pengalamatan untuk
memecahkan masalah
|
Mode
dan Format Pengalamatan
· Inhernt
· Immediate
· Direction
· Extended
· Indexed
· Mnemonic,
Operation, Machine Code, Addressing Mode
· Listing
alamat, mnemonic, kode mesin(OpCode), dan addressing mode
|
Mengamati
Tayangan tentang Mode dan
Format Pengalamatan
Menanya
Mengajukan pertanyaan
terkait tayangan/teks pembelajaran atau hal-hal yang berhubungan dengan Mode dan format pengalamatan
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
mode
dan format pengalamatan
· Mengeksplorasi
Address, Mnemonic, Operation, Machine Code, Addressing Mode
untuk memecahkan masalah ( contoh kasus )
Mengasosiasi
· Mengelompokkan
berbagai
mode dan format pengalamatan
· Menyimpulkan
hasil perbandingan instruksi berdasar pada addressing mode (Immediate,
Direct, Extended, Inherent, Relative, dan Index)
Mengkomunikasikan
Menyajikan hasil
pemecahan masalah dalam bentuk Flowchart atau struktogram, Address, mnemonic,
kode mesin (OpCode), dan addressing mode
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang
mode
dan format pengalamatan
Observasi
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan
dalam bentuk tulisan, gambar dan tabel
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
16 JP
|
Programmers
Refference Manual CPU 68HC11 atau 68HC12
|
Komentar
Posting Komentar